News Update :

Pelatihan, “Teknologi Motor Listrik untuk Tenaga Ahli dan Industri”

Nomor             : 022/PP BKM/PII/III/2017                                           Jakarta,  20 Maret 2017
Lampiran         : 1 (satu) berkas

Kepada  Yth,
Bapak/Ibu
Di Tempat

Perihal : Undangan Pelatihan, “Teknologi Motor Listrik untuk Tenaga Ahli dan Industri”.

Dengan hormat,

Motor listrik atau sering disebut juga motor atau elektrik motor merupakan system mekanikal elektrikal yang paling banyak digunakan sebagai sumber daya tenaga rotasi atau linear untuk menggerakan/mengopersikan mesin utama maupun mesin-mesin penggerak lainnya. Jenis motor yang umum digunakan adalah motor AC (alternating current) dengan menggunakan energi listrik yang disuplai dalam bentuk arus bolak balik. Dari beberapa jenis motor AC, jenis motor induksi dengan rotor squirrel cage paling banyak digunakan. Karena pada umunya motor induksi beroperasi pada kecepatan yang relative konstan yang sedikit berubah kecepatannya pada saat beban mekanik diberikan pada porosnya.

Bagi dunia industri kinerja motor merupakan bagian yang penting untuk mencapai tingkat effisiensi yang diharapkan. Peningkatan kinerja motor dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu mempertahankan kinerja motor lama dengan penambahan teknologi yang dapat memperbaiki  efisiensi motor lama atau penggantian dengan motor baru. Untuk membahas dan mempelajari tentang motor listrik, melalui kesempatan ini BKM-PII akan menyelenggarakan pelatihan 2 hari tentang motor listrik dengan topik : Teknologi Motor Listrik untuk Tenaga Ahli dan Industri, yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal       : Sabtu – Minggu / 15 – 16 April 2017
Waktu                 : Pukul 08.00 – 17.00 WIB
Tempat               : Pomelotel Hotel,  Jl. Dukuh Patra Raya No. 28, Kuningan, Jakarta 12710.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap tentang pelatihan  yang akan diselenggarakan, dapat dilihat dan dicermati pada brosur terlampir.

Demikianlah kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,


Ir. Bambang Purwohadi, MSi, MT
Wakil Ketua Umum I



2 Days Professional Training :
PELATIHAN TEKNOLOGI MOTOR LISTRIK UNTUK TENAGA AHLI DAN INDUSTRI

PENDAHULUAN

Motor listrik atau sering disebut juga motor atau elektrik motor merupakan system mekanikal elektrikal yang paling banyak digunakan sebagai sumber daya tenaga rotasi atau linear untuk menggerakan/mengopersikan mesin utama maupun mesin-mesin penggerak lainnya. Motor bersifat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Jenis motor yang umum digunakan adalah motor AC (alternating current) dengan menggunakan energi listrik yang disuplai dalam bentuk arus bolak balik (alternating current). Dari beberapa jenis motor AC, jenis motor induksi denganrotor squirrel cage paling banyak digunakan. Karena pada umunya motor induksi beroperasi pada kecepatan yang relative konstan yang sedikit berubah kecepatannya pada saat beban mekanik diberikan pada porosnya.

Bagi dunia industri kinerja motor merupakan bagian yang penting untuk mencapai tingkat effisiensi yang diharapkan. Peningkatan kinerja motor dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu mempertahankan kinerja motor lama dengan penambahan teknologi yang dapat memperbaiki  efisiensi motor lama dan/atau penggantian motor lama dengan motor baru. Penentuan metode yang akan dipakai bergantung pada perhitungan keekonomiannya.

Dalam beberapa kondisi, industri dihadapkan pada lamanya jangka waktu yang diperlukan untuk memperoleh unit motor baru. Pada kondisi ideal, bila mesin motor yang baru mudah diperoleh, penggantian motor lama dengan motor baru merupakan opsi yang cukup menguntungkan walaupun investasi yang dikeluarkan cukup besar, namun kinerja motor yang diperoleh juga jauh lebih baik. Sedangkan bila unit motor baru sulit diperoleh, rewinding merupakan opsi yang bisa dipertimbangkan.


TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan ini memberikan gambaran / metode dalam pengambilan keputusan, dengan :
  • Memahami penggunaan motor listrik dan kinerja motor listrik,
  • Mengurangi down time dengan meningkatkan praktik pemecahan masalah,
  • Sistim perawatan dan meningkatkan kinerja motor untuk mengisolasi kemungkinan penyebab kegagalan sistem drive motor,
  • Memahami teknik pengukuran tertentu dan analisa biaya pada motor.
Selain tujuan tersebut diatas, pelatihan ini juga bertujuan dan bermanfaat antara lain :
  • Keikutsertaan dalam training ini dapat dijadikan sebagai penambah score (nilai) dalam mengikuti program Sertifikasi Insinyur Profesional.
  • Pelatihan ini memiliki nilai Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB), bagi pemegang Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP), sehingga dapat dijadikan sebagai laporan pembelajaran untuk kewajiban Pengembangan Keprofesionalan  Berkelanjutan atau Continuous Professional Development (CPD sebagai persyaratan perpanjangan masa berlakunya sertifikat insinyur profesional tersebut. Nilai PKB untuk pelatihan ini dengan durasi 2 hari atau 16 Jam adalah 10 point.
MATERI PELATIHAN

Pelatihan dilaksanakan dengan agenda / materi sebagai berikut:

Hari Pertama:
1. Konsep dasar dan tipe motor dan penggeraknya, serta penghematan energi yang bisa dilakukan.
2. Mengurangi pemborosan pada motor listrik.
3. Energi efisiensi pada motor dan penggeraknya, mencakup:
     - manfaat dan tantangan,
     - perhitungan biaya
     - analisa keuangan untuk penerapan teknologi
4. Sistem Pemeliharaan motor.
5. Variable Speed Drive (VSD).
6. Studi kasus dan latihan-latihan kerja kelompok I, II dan III

Hari Kedua:
1. Mengulas materi dan pemecahan studi kasus hari pertama.
2. Kebijakan Manajemen Motor (Motor Management Policy)
3. Sistem Motor Drive pada Pompa, Kipas dan Kompresor udara.
4. Life Cycle Cost / Biaya Siklus Hidup.
5. Studi kasus dan latihan-latihan kerja kelompok, IV dan V.
6. Rangkuman.
 
INSTRUKTUR


Ir. Rudy Purwondho,MSc, MBA,IPM
Sarjana Teknik Mesin yang telah berkecimpung dan  berpengalaman dalam dunia industri dan manufaktur lebih dari 30 tahun. Yang kemudian secara terus menerus  mempraktekkan keinsinyurannya pada berbagai perusahaan Nasional dibidang industri manufaktur yang memanfaatkan teknologi permesinan dengan segala aspeknya, maupun bidang keinsinyuran lainnya seperti konsultan, bidang konstruksi dan bidang pengembangan sumber daya manusia.

Ir Rudy Purwondho, MSc, MBA, IPM., memulai karir keinsinyurannya sejak tahun 1981 dengan posisi awal  sebagai mechanical engineer supervisor pada perusahaan pengecoran logam (malleable cast iron) di PT Pakarti Riken Indonesia.
Ir Rudy Purwondho, MSc, MBA, IPM., telah menduduki beberapa posisi kunci pada bidang industri manufaktur, baik sebagai Manajer Teknik. General Manager, Direktur Teknik/Operasi  dibeberapa perusahaan, antara lain PT Indonesia Nihon Seima, industri jute burlap/sacks dengan lebih dari 500 unit mesin dengan penggerak motor listrik, sister company PT Paramita Lestari, industri garment menggunakan lebih dari 150 unit mesin dengan penggerak motor listrik, PT Great Giant Pineapple sebagai produsen buah kaleng dengan proses otomasi, dan PT Pacific Rattanesia industri furniture rotan.

Ir. Rudy Purwondho, MSc, MBA, IPM., mengenyam pendidikan S1 dari Fakultas Teknik Mesin ITS, yang kemudian menyelesaikan studi pasca sarjana bidang lingkungan dan bisnis       internasional serta bidang keuangan pada American University State of Iowa dengan predikat memuaskan. Juga mengikuti berbagai pelatihan bidang keinsinyuran lainnya, seperti pelatihan teknis mesin-mesin tekstil, mesin-mesin processing makanan dan elemen mesin lainnya, pelatihan perawatan alat berat untuk konstruksi, sistem manajemen mutu, ISO, teknik pemipaan, dan lain sebagainya.

Disamping aktifitasnya tersebut, Ir Rudy Purwondho, MSc, MBA, IPM., juga aktif dalam berbagai organisasi, antara lain saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Badan Kejuruan Mesin PII dan juga Ketua Komite Pembinaan Kewajiban Keinsinyuran PP PII. Anggota dari International Society of Ocean, Mechanical & Aerospace for scientist and engineers, anggota International Geotechnical Society, anggota International Jute Organization, anggota dariInternational Erosion Control Association dll.

Aktifitas penting lainnya adalah sebagai Ketua Yayasan Teknologi, Energi dan Inovasi Indonesia, sebagai Sekretaris-2 Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) dan sejak tahun 2016 turut membantu program-program pemerintah bidang ristekdikti melalui pengembangan      profesi insinyur, sebagai Sekretaris Tim Ahli Keinsinyuran – Kemristekdikti. 

SIAPA SAJA YANG PERLU IKUT?
Training Teknologi Motor Listrik ini sangat penting untuk diikuti oleh para engineer dan praktisi industri antara lain ; para Teknisi, Supervisor, para Manager di Industri manufaktur, petrochemical, pertambangan,  industri migas, dan  industri pada umumnya yang menggunakan motor listrik.

PELAKSANAAN DAN PENDAFTARAN
Dilaksanakan pada Sabtu-Minggu,08-09 April 2017, jam 08.00-17.00 bbwi.
Tempat penyelenggaraan : Pomelotel,  Jl. Dukuh Patra Raya No. 28, Kuningan, Jakarta 12710.

Pendaftaran Peserta : 
Badan Kejuruan Mesin-PII (BKM-PII),
Jl. Bandung No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.
Telp. 021-31904667, Fax.021-31904657
Email: bkmesin_pii@yahoo.co.id atau arfi.yesso@gmail.com
  
BIAYA TRAINING

Biaya investasi training sebesar Rp 3.000.000,-/orang (Anggota PII), Rp. 3.500.000,- (Non Anggota/Umum) dengan fasilitas yang diterima : materi (hard copy/softfile), alat tulis, sertifikat, 2 x snack, dan makan siang.



Download Formulir Pendaftaran



Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.