News Update :

Undangan Program Pelatihan : Ahli K3 Konstruksi ( 5 sd 6 Feb 2016 )


Nomor                     : 003/PP-BKM/PII/I/2016                                          

Lampiran                 : Brosur Pelatihan & Formulir Registrasi

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Insinyur
di
Tempat 

Undangan Program Pelatihan :  Ahli K3 Konstruksi 

Dengan hormat,

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan potensi bahaya cukup besar. Beberapa kecelakaan sering kita dengar seperti runtuhnya pekerjaan atap, tertimbun longsoran galian, jatuh dari ketinggian, terluka akibat alat-alat kerja, dll yang mengakibatkan baik luka-luka maupun korban jiwa. Untuk mengantisipasi masalah tersebut pemerintah sekarang mendorong diberlakukannya sistem manajemen K3 dalam penyelenggaraan proyek. Undang-Undang Jasa Konstruksi nomor 18 tahun 1999 mengamanatkan bahwa setiap penye-lenggaraan pekerjaan konstruksi harus memenuhi ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja.

Selain disyaratkan, K3 juga merupakan kebutuhan perusahaan bahkan tiap individu yang bekerja atau terlibat dalam proyek, karena pada hakekatnya tiap orang yang bekerja ingin kesehatan dan keselamatannya terjamin. Terjadinya kecelakaan kerja tidak diinginkan oleh semua pihak, karena dapat menimbulkan penderitaan, kerugian keuangan yang tidak sedikit, imej dan reputasi.

Berkenaan dengan itu, sangat perlu bagi BKM-PII untuk mengkoordinasikan dan menyelenggarakan pelatihan K3 Konstruksi, dalam rangka memberikan percerahan dan sosialisasi urgensi keselamatan dan kesehatan kerja di bidang kontruksi, maka Badan Kejuruan Mesin PII (BKM PII) bekerjasama dengan Himpunan Profesi Tenaga Konstruksi Indonesia (HIPTASI) mengundang para Insinyur  dan Perusahaan bidang Konstruksi, atau siapapun yang memerlukan pengetahuan di bidang K3 Konstruksi untuk mengikuti pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Konstruksi,  yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal: Jum’at-Sabtu, 5 - 6 Februari 2016
Tempat: Tentative : Hotel Gran Alia, Jl. Cikini Raya No. 46, Jakarta Pusat
Instruktur: Prof. Dr. Ir. Landjono Josowidagdo, SIE, IPU, ACPE dan Rekan

Untuk penjelasan yang lebih lengkap tentang pelatihan  yang akan diselenggarakan, dapat dilihat dan dicermati pada brosur terlampir. 

Demikianlah kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Ir. Rudy Purwondho, MSc, MBA, IPM
Sekretaris Jenderal


Pelatihan Ahli K3 Konstruksi
PENDAHULUAN

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan potensi bahaya cukup besar. Beberapa kecelakaan sering kita dengar seperti runtuhnya pekerjaan atap, tertimbun longsoran galian, jatuh dari ketinggian, terluka akibat alat-alat kerja, dll yang mengakibatkan baik luka-luka maupun korban jiwa. Untuk mengantisipasi masalah tersebut pemerintah sekarang mendorong diberlakukannya sistem manajemen K3 dalam penyelenggaraan proyek. Undang-Undang Jasa Konstruksi nomor 18 tahun 1999 mengamanatkan bahwa setiap penye-lenggaraan pekerjaan konstruksi harus memenuhi ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja.
Selain disyaratkan, K3 seharusnya juga merupakan kebutuhan perusahaan bahkan tiap individu yang bekerja atau terlibat dalam proyek, karena pada hakekatnya tiap orang yang bekerja ingin kesehatan dan keselamatannya terjamin. Banyak Owner proyek sekarang juga menghargai K3, dimana mereka lebih memilih penyedia jasa yang mengimplementasikan K3 meskipun dengan penawaran yang sedikit lebih mahal. Terjadinya kecelakaan kerja tidak diinginkan oleh semua pihak, karena dapat menimbulkan penderitaan, kerugian keuangan yang tidak sedikit, imej dan reputasi.
Untuk ini perlu adanya upaya lebih intensif untuk menanggulangi kecelakanaan kerja di bidang jasa kontuksi. Oleh Karena itu, dalam rangka memberikan percerahan dan sosialisasi urgensi keselamatan dan kesehatan kerja di bidang kontruksi, kami Badan Kejuruan Mesin PII (BKM PII) bekerjasama dengan Himpunan Profesi Tenaga Konstruksi Indonesia (Hiptasi) akan menyelenggarakan pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Kontruksi.

TUJUAN

Untuk membekali dan meningkatkan kemampuan peserta dengan pengetahuan dan pemahaman yang benar mengenai SMK3 (OHSMS) berdasarkan OHSAS 18001:2007 Standard untuk mencapai tujuan organisasi mengenai Keselamatan dan Kesehatan kerja.
Peserta juga akan memahami bahaya-bahaya pada proyek konstruksi, peraturan-peraturan yang mensyaratkan K3, bagaimana menyusun program sistem manajemen K3, kendala-kendala yang dihadapai dalam implementasi dan solusinya. Meskipun training ini ditujukan untuk proyek konstruksi, namun manfaatnya dapat lebih luas, yaitu untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya K3 untuk kehidupan sehari-hari. Karena pada hakekatnya bahaya ada dimana-mana di sekitar kita dan keselamatan dan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama dalam meningkatkan kualitas hidup.
Selain tujuan dan manfaat diatas, pelatihan ini juga bertujuan antara lain adalah :
1. Menjadikan Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) sebagai wahana pelatihan keprofesian dan keinsinyuran.
2.  Meningkatkan pelayanan BKM-PII kepada anggota dan masyarakat keinsinyuran.
3.  Keikutsertaan dalam pelatihan ini dapat dijadikan sebagai penambah skor (nilai) dalam mengikuti program Sertifikasi Insinyur Profesional,
4.  Pelatihan ini memiliki nilai Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB), sehingga dapat dijadikan sebagai bahan laporan Pengembangan Keprofesionalan  Berkelanjutan atau Continuous Professional Development (CPD), bagi pemegang Sertifikat Insinyur Profesional, sebagai persyaratan perpanjangan masa berlakunya sertifikat insinyur profesional tersebut.

WAJIB DIIKUTI OLEH   

Perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi, staf, tenaga kerja terdidik dan individu yang ingin memperdalam materi training. Pelatihan ini sangat tepat untuk diikuti oleh pegawai pada berbagai Institusi / Perusahaan yang telah bekerja sekurang-kurangnya dua tahun atau lebih. Semua Engineer, Staff, Supervisor, Manager yang berhubungan dengan proyek konstruksi.

MATERI PELATIHAN

Materi pelatihan yang akan disampaikan meliputi sebagai berikut :
1.      Ruang lingkup kesehatan dan keselamatan kerja di bisnis bidang jasa konstruksi
2.      Kemampuan identifikasi site-plan, item pekerjaan dan program K3 konstruksi
3.      Prosedur kerja dan penerapan ketentuan K3 konstruksi
4.      Instruksi kerja berbasis K3 konstruksi
5.      Sosialisasi kegiatan, pelatihan dan simulasi program K3
6.      Controlling dan evaluasi dalam penerapan ketentuan K3 konstruksi
7.      Penyusunan teknis K3 konstruksi
8.      Penyusunan laporan rutin K3 Konstruksi
9.      Penyusunan rekomendasi prosedur kerja K3 konstruksi
10.  Studi kasus.

METODE PELATIHAN

Presentasi, Diskusi, Studi Kasus, Evaluasi, Simulasi.

INSTRUKTUR

Prof. DR. IR. Landjono Josowidagdo MSc. SIE. IPU, ACPE
dan Rekan

Lulus S1 dari Teknik Metalurgi, Institut Teknologi Bandung, S2 dari Sekolah Tinggi Manajemen dan Teknik Industri, dengan gelar Master of Science, Lalu melajutkan ke Mississippi State University, Starkville, Amerika Serikat, untuk Ph.D-programs, di bidang Teknik Industri.

Pelatihan khusus yang pernah diikuti dalam/luar negeri antara lain: Pelatihan Pyro-Metalurgi di AOTS Jepang, Ilmu Material di CDG Barat-Jerman, Program Manajemen Resiko di Actim Perancis, Program Sertifikasi Pesawat di INTA-Getaffe Spanyol, Manajemen Teknik Pengelolaan Pesisir di UNDP USA, dan beberapa kursus utama untuk pejabat tinggi negara seperti:  di LEMHANAS, SESPANAS, dll nya.

Pengalaman Profesi: 8 tahun di PT. Aneka Tambang, Pabrik Peleburan Ferro Nickel Pomalaa. 3 tahun sebagai Staf Ahli Direktur Teknologi, PT Pertamina, 35 tahun sebagai PNS di BPPT, dan 2 tahun sebagai Inspektur Jenderal untuk oil, gas dan pertambangan di Kantor Kepresidenan.

Mendapatkan Keterampilan profesional di bidang Ilmu material, Sistem Informasi dan Penelitian Sistem Operasi melalui berbagai posisi manajemen fungsional & umum, dan selama 6 tahun pengalaman menjadi Dewan Sertifikasi pesawat CN 235 dan industri pesawat terbang Spanyol - CASA, dengan mewakili pemerintah Indonesia sebagai General Manager, kemudian 5 tahun sebagai Direktur Manufaktur dan Sertifikasi IPTN.

Sela in itu beliau juga sebagai Dosen Senior untuk beberapa Fakultas, di Universitas SAHID, Universitas Nasional, Universitas Bina Nusantara, dan MBA Program STT Telkom, Bandung. Sebagai Profesor juga memimpin berbagai proyek/tim.

Saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum HIPTASI (Himpunan Profesi Tenaga Akhli Konstruksi Indonesia) periode 2009-2019. Beberapa keahlian bidang bisnis yang dimiliki adalah kemampuan dalam bidang  Manajemen dan Ekonomi Bisnis yang mencakup Enterprise Resources Planning (ERP), Business Process Reengineering (BPR), Startegi Manajemen Industri, dan Operation Research.

BIAYA PELATIHAN

Rp 4.500.000,- / participant untuk 2 hari.
FASILITAS.
·         Module / Handout
·         Sertifikat Pelatihan dan SKA Muda K3 Konstruksi
·         Training Kit,
·         Soft Copy Materi
·         Coffe Break 2x & Lunch
·         Merchandise
Pembayaran pelatihan dapat dilakukan secara tunai, atau transfer melalui Rek. No. 070-00-0523238-9 A/N: “Persatuan Insinyur Indonesia - BKM”, pada Bank Mandiri KCP Krakatau Steel, Jakarta.


WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Februari 2016, pukul 09.00 – 17.00 wwib.
Tempat: Hotel Grand Alia, Jln Cikini Raya No. 46 Jakarta Pusat.

PENDAFTARAN PESERTA

Pendaftaran peserta dan keterangan lebih lanjut:
Sekretariat Badan Kejuruan Mesin – Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII), Jln Bandung No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, Telp/Fax: 021-3190 4667, e-mail: bkmesin_pii@yahoo.co.id.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.