News Update :

Seminar Nasional BKM-PII : PENGEMBANGAN KOMPETENSI DESAIN DAN REKAYASA PRODUK NASIONAL



Sebagai upaya pengembangan kompetensi rancang bangun dan rekayasa industri nasional, dan inventarisasi kebutuhan, pelatihan dan pendidikan dalam rangka menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) tenaga kerja industri dengan kualifikasi rancang bangun dan rekayasa, serta membuat perencanaan dan prediksi atas pemenuhan kebutuhan kualifikasi insinyur profesi perancang dan perekayasa sampai dengan tahun 2030, Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM- PII) bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyelenggarakan Seminar Nasional BKM PII BPPT Kementerian Perindustrian, dengan tema: “PENGEMBANGAN KOMPETENSI DESAIN DAN REKAYASA PRODUK NASIONAL” yang dilaksanakan pada Rabu, 3 Juni 2015 di Gedung BPPT, Jakarta.

Acara Seminar Nasional yang di buka oleh Ketua Panitia Ir. Roos Diatmoko dan Sambutan disampaikan oleh Ketua Umum BKM-PII, Prof. Dr. Ir. Tresna P Soemardi, IPM serta sebagai Keynote Speaker adalah Kepala BPPT, Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc

Tampil sebagai pembicara pada seminar tersebut adalah : Sesi 1 dengan sub tema “Pengembangan Kompetensi Rancang bangun dan Rekayasa Produk nasional”, dengan pembicara ; Dr. Ir. Barman Tambunan (Direktur PTIM BPPT), dengan topik “Model Link and Match Industri, Lembaga Riset dan Universitas untuk Mendorong Inovasi melalui Desain dan Rekayasa”. Dekan FTMD ITB – Prof. DR. Yatna Yuwana, dengan topik “Kebutuhan dan Pemenuhan Insinyur dan Pendidikan Desain dan Rekayasa untuk Industri”, dan Dr. Ir. Agung Nugroho (PT RAI) dengan topik “Keunggulan Desain dan Rekayasa Pesawat R80”. Sebagai moderator pada sesi 1 adalah; Ir. Rudy Purwondho, MSc, MBA, IPM.

Di Sesi 2, sub tema yang diangkat adalah : “Kebutuhan SKKNI dan Tren Teknologi Informasi dalam Pengembangan Kompetensi Desain dan Rekayasa Produk Nasional’, dengan menghadirkan pembicara yakni : Ir. Endrarto Bimantoro (Ketua Asosiasi Industri Teknologi Infoemasi Indonesia), membawakan topik “Kebutuhan dan Tren Teknologi Informasi dalam Desain dan Rekayasa”. Pembicara lainnya adalah : Ir. Tri Prasetyo (PT Nusantara Secom InfoTech), dengan topik “Tren Perkembangan Teknologi Komputer Desain dan Rekayasa dan Perkenalan DASSAULT Systemes (CATIA)”, dan pembicara ke tiga Prof. Dr. Ir. Sri Hardjoko W, IPU (BKM-PII) denga topik “Gambar Teknik Mesin dan Masalah Kita Mendesain Produk”.

Bagaimana acara berlangsung dari awal sampai akhir dapat kami gambarkan melalui penyajian foto foto dibawah ini.













Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.