News Update :

Pelatihan Pipeline System Untuk Oil & Gas

Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) pada akhir September 2013 kembali menyelenggarakan pelatihan keinsinyuran bidang Oil & Gas di Arion Swiss-Belhotel, Kemang, Jakarta. Pelatihan berlangsung selama 4 hari dengan topik : Oil and Gas Facility Engineering Project Exercise ‘Pipeline Transportation System for Liquid Hydrocarbons, Other Liquids, Gas Transmissions and Distribution Piping (ASME B31.4 & B31.8)’.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program profesi dan pengembangan kompetensi insinyur dengan tujuan antara lain ; meningkatkan pelayanan BKM-PII kepada anggota dan masyarakat keinsinyuran, menjadikan BKM-PII sebagai wahana pelatihan keprofesian serta pelatihan ini merupakan program pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB/CPD), bagi anggota PII yang memiliki sertifikat insinyur profesional, yang merupakan salah satu persyaratan untuk keperluan perpanjangan masa berlaku sertifikasi insinyur profesional untuk 5 tahun berikutnya.

Selain tujuan dimaksud, pelatihan ini sengaja dirancang secara khusus untuk membantu para engineer dan perusahaan dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Pelatihan ini lebih banyak mendiskusikan dan memecahkan permasalahan-permasalahan yang menjadi problem setiap peserta, sehingga begitu pelatihan selesai, mereka dapat kembali ke tempat tugas masing-masing membawa solusi yang telah dibahas secara konprehensif selama pelatihan berlangsung, sehingga pelaksanaan pelatihan ini betul betul terasa manfaat nyata bagi perusahaan yang telah mengirimkan engineer mereka mengikuti pelatihan ini.

Khusus untuk topik yang dilaksanakan ini, pipeline system merupakan salah satu alat transportasi cairan dan gas yang dialirkan yang harus memenuhi persyaratan terhadap lingkungan hidup, sehingga perlu code atau standar dalam perancangan ataupun operasionalnya untuk menghidari terjadinya pencemaran lingkungan dan bahaya lainnya termasuk bahaya kebocoran dan kebakaran. Para engineer dan perusahaan bertanggung jawab terhadap sistem perpipaan dan harus menjamin fungsi dari pipeline tersebut. Penerapan standar code ASME B31.4 dan B31.8 merupakan standar yang dipakai yang menjadi pembahasan pada pelatihan ini.

Materi yang dibahas dalam pelatihan tersebut antara lain secara umum dan mendalam dikupas mengenai aspek engineering and designing, material selection, welding, fabrication and construction dan hydrostatic test.

Adapun content materi pelatihan adalah ; pipeline design, introduction to pipeline system, linepipe material, manufacturing, pressure design and components, design loads, pipe stress analysis, flexibility and expansion, pipe span, instalation and testing, corrosion and cathodic protection, serta juga membahas tentang operation and maintenance.

Beberapa perusahaan yang mengirimkan engineer mereka pada pelatihan ini berasal dari perusahaan oil & gas dan engineering company yakni : PT. Triparta Engineering (Banjar Elly Pratama, Sigit Catur Nugroho), PT. Wijaya Karya (Sonny Primawanto, Andareas Siagian), PT. Waskita Karya (Eko Widianto, Pramadi Arif K, Andrianto Rachmad), PT Hutama Karya (Pico Patrianto, Abednego Noelandri Silitonga), PT. Encona Inti Industri (Bari Prima Satya, Soviandi Suryawan), PT. Rekayasa Industri (Dhanny Rahadian, Abdan Syakuura), PT. Inti Karya Persada Teknik (Rizki Raditia Nugraha, Muhammad Andriaz), PT. Dinamika Teknik Persada (Hardian Rohmulyanti), PT, Patra Teknik (Latif), PT. Shaftindo Energi (Baso Rizal), PT. Pupuk Sriwidjadja (Sutrisno), IADS (Donny Tedjo Wicaksono), dan PT. Pertamina (Noviandri). (yesso)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.