News Update :

MoU PII dengan FT-UP tentang Pengembangan SDM dan Tridharma Perguruan Tinggi

Program Sertifikasi Insinyur Profesional, merupakan salah satu program utama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang telah dilaksanakan semenjak 1997. Seiring perjalanan waktu sampai saat ini program tersebut terus ditingkatkan, baik dari perbaikan sistem, penyempurnaan bakuan kompetensi, maupun terhadap penilaian (assessment).

Dengan telah disahkannya UU Keinsinyuran, sertifikasi merupakan bagian terpenting dari Program Profesi Insinyur yang perlu di sosialisasikan ke berbagai pihak. Melalui program Kursus Pembinaan Profesi Insinyur (KPPI) secara rutin merupakan kegiatan penting yang harus diikuti oleh seorang sarjana teknik yang ingin mendapatkan Sertifikasi Insinyur Profesional.

Dalam rangka mendukung program sertifikasi insinyur profesional agar lebih dikenal dan dapat tersosiaslisasi ke masyarakat, PII telah melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak antara lain telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) dengan Fakultas Teknik Universitas Pancasila, yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2014, di Jakarta.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, dari PII di lakukan oleh Direktur Eksekutif PII, Ir. Faizal Safa, MSc, dan dari Fakultas Teknik Universitas Pancasila dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik, Ir. Fauzri Fahimuddin, M.Eng, Dr.Eng.

Adapun maksud dan tujuan dari Nota Kesepahaman tersebut adalah bekerjasama dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
Disamping penandantangan Nota Kesepahaman (MoU), untuk pelaksanaan dari MoU tersebut, juga dilakukan penandatanganan Nota Perjanjian (Momorandum of Agreement), yang merupakan bagian dari MoU, atara Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) dengan Program Studi Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila, yang ditandatangani oleh Ketua Umum BKM-PII, Dr. Ir. Budhi M Suyitno, IPM dan Sekreteris Program Studi Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila, Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT.

Lingkup dari MoA adalah kesepakatan untuk melaksanakan kerjasama dalam bidang; penyuluhan sertifikasi insinyur profesional, penyuluhan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB/CPD), penyuluhan sertifikasi spesialisasi keahlian, dan pelatihan berbasis kompetensi teknik mesin lainnya.

Dengan telah dilakukannya penandatanganan kerjasama ini, diharapkan dalam waktu dekat ini akan diwujudkan dengan pelaksanaan Sertifikasi Insinyur Profesional bagi semua Dosen Teknik Mesin S1 dan program Magister, serta para Mahasiswa S2 Mesin yang telah memenuhi persyaratan mengikuti Sertifikasi Insinyur Profesional. Selanjutnya sosialiasi penyuluhan sertifikasi akan diperluas untuk para Alumni Teknik Mesin Universitas Pancasila. (yesso)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.