News Update :

Kunjungan PP BKM ke B2TKS-BPPT, dalam Rangka Kerjasama Pelatihan

Dalam penyelenggaraan program pelatihan, BKM-PII telah memiliki berbagai pengalaman dan juga pengalaman dalam bekerjasama dengan pihak lain serta memiliki potensi seperti ; tenaga ahli yang beragam, jumlah anggota, hubungan baik dengan dunia industri dan berbagai steakholder (pemangku kepentingan).

Untuk pengembangan kerjasama penyelenggaraan pelatihan yang lebih baik lagi BKM PII bermaksud melakukan kerjasama dengan pihak B2TKS BPPT yang dapat memberikan nilai lebih dari pada penyelengaraan pelatihan sebelumnya. Untuk membahas rencana kerja sama tersebut pada tanggal  10 mei 2011 Pengurus Pusat BKM PII melakukan kunjungan ke B2TKS BPPT, kawasan PUSPITEK, Serpong, Tangerang. 

Pertemuan tersebut  dimaksudkan untuk untuk penjajakan kemungkinan kerjasama yang lebih luas dalam penyelenggaraan pelatihan-pelatihan di bidang teknik mesin  untuk para insinyur.

Format kerjasama yang diharapkan dari B2TKS BPPT antara lain berupa penyediaan sumber daya instruktur dan materi palatihan, dan penyediaan tempat untuk praktek lapangan sesuai fasilitas yang ada di B2TKS BPPT.

Hadir dalam kunjungan itu dari PP BKM adalah Ir. Hertriono kartowisastro, IPM (Wakil Ketua Umum), Ir. Soekartono Soewarno, IPM (Sekjen), Ir. Achdiat Kurnadi S, IPM (Bidang kemitraan), Ir. Joko Purwono, MSc, (Bidang Alutsista), dan  Ir. Prihadi Waluyo, serta dari Sekretariat BKM.

Dari B2 TKS BPPT dihadiri oleh Dr. Ir. Tri Wibowo (Kepala B2TKS), Dr. Ing. H.A Suhartono (Kajian Meterial), Dr. Ir. Raymond Amir, Ir. Budi Priyono, Ir. Djoko WR, dan Ir. Hanif Yuliani.
Selain membahas rencana kerjasama pelatihan , juga di bahas seputar sertifikasi Insinyur Profesional PII, yang sudah dilaksanakan PII semenjak tahun 1997. Dijelaskan juga lebih jauh sertifikasi PII dan pengakuan secara nasional dan  internasional terhadap sertifikasi IP PII, dimana saat ini sertifikasi PII sudah disetarakan di tingkat ASEAN Engineer dan APEC Engineer, dalam kerangka MRA (Mutual Recognition Agreement).

Agar sertifikasi juga diakui secara nasional, PII sedang mengupayakan sertifikasi PII mendapat pengakuan dari Komite Akreditasi nasional (KAN) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini bisa dilakukan dengan membuat LSP-LSP bidang engineering. Saat ini sertifikasi PII sudah diakreditasi ditingkat Lembaga Jasa Konstruksi Nasional  (LPJKN).
Pada kesempatan itu peserta juga diajak berkeliling dilingkungan laboratorium dan pengujian B2TKS melihat dari dekat proses pengujian terhadap material dan kekuatan struktur. Pada kesempatan itu rombongan BKM mendapat penjelasan panjang lebar terhadap keberadaan laboratorium pengujian tersebut.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.