News Update :

Insinyur Mesin

Insinyur mesin melakukan riset, memberi nasehat tentang, rancangan, dan mengatur produksi mesin, pesawat terbang, mesin untuk peralatan industri, sistim dan perlengkapan, memberi nasihat tentang fungsi secara langsung, memelihara dan memperbaiki,; atau mempelajari dan memberi nasihat tentang aspek mekanik dari benda-benda tertentu, produk dan cara kerja Inonesia

Teknik Mesin adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif.

Insinyur mesin memainkan peran sentral dalam industri seperti otomotif (dari sasis mobil untuk subsistem yang setiap-mesin, transmisi, sensor); Dirgantara (pesawat, mesin pesawat, sistem kontrol untuk pesawat dan pesawat ruang angkasa); Bioteknologi (implan, perangkat palsu, fluidic sistem untuk industri farmasi); komputer dan elektronik (disk drive, printer, pendinginan sistem, peralatan semikonduktor); sistem microelectromechanical, atau MEMS (sensor, aktuator, generasi micropower); konversi energi (pembangkit dengan gas turbin, turbin angin, energi surya, sel bahan bakar); pengendalian lingkungan (HVAC, Penyejuk udara, pendingin, kompresor); otomatisasi (robot, akuisisi data dan gambar, pengakuan, kontrol); manufaktur (mesin, mesin perkakas, prototyping, microfabrication).

insinyur mesin bertugas untuk mengambil dari ide produk ke pasar. Untuk mencapai hal ini, berbagai keterampilan yang diperlukan. Insinyur mekanik harus memperoleh keahlian tertentu dan pengetahuan. Dia perlu memahami kekuatan dan lingkungan termal yang produk, bagiannya atau subsistem yang akan menghadapi nantinya.

Sederhananya, teknik mesin berkaitan dengan apa pun yang bergerak, termasuk tubuh manusia, mesin yang sangat kompleks. Insinyur mesin belajar tentang bahan, padat dan mekanika fluida, termodinamika, perpindahan panas, kontrol, instrumentasi, desain dan manufaktur untuk memahami sistem mekanis. Khusus teknik mekanik subjek termasuk biomekanik, rekayasa jaringan cartilage, konversi energi, laser-dibantu bahan pengolahan, pembakaran, MEMS, microfluidic perangkat, mekanika fraktur, nanomechanics, mekanisme, micropower generasi, tribology (gesekan dan memakai), dan getaran. Masyarakat Amerika insinyur mesin (ASME) saat ini daftar 36 Divisi teknis, dari sistem energi tingkat lanjut dan aerospace engineering untuk limbah padat teknik dan teknik tekstil.  

Sejalan dengan perkembangan sektor industri nasional, kebutuhan akan lulusan Teknik Mesin yang dapat menangani alat-alat industri yang ada juga akan meningkat. Seorang lulusan Teknik Mesin dapat menempati posisi pekerjaan di berbagai bidang seperti :

1.   Bidang Perawatan Mesin
Produksi dari suatu perusahaan sangat bergantung pada perawatan mesin-mesin produksi maupun pada energi yang menggerakkan mesin-mesin produksi. Dari mulai pelumasan penggantian suku cadang yang sudah rusak sampai kepada pengontrolan produksi, semua itu dilakukan oleh seorang lulusan Teknik Mesin.

2.   Bidang Industri Alat Berat
Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja di industri alat-alat berat dan menempati posisi di berbagai divisi yang ada seperti divisi pengecoran, divisi rangka dan komponen, divisi perakitan, dan divisi desain.

3.   Penguji Spesimen Produksi
Pada bidang ini seorang lulusan Teknik Mesin bertugas menguji spesimen hasil produksi, dan menentukan proses yang tepat untuk menghasilkan bahan dengan kekuatan sesuai kebutuhan penggunaannya.

4.   Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
Di berbagai departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, seperti BPPT dan IPTN. Lulusan teknik mesin juga dapat berprofesi sebagai dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

5.   Bidang Lainnya
Lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina juga selalu membutuhkan lulusan Teknik Mesin. Lulusan Teknik Mesin juga dapat berprofesi sebagai konsultan bagi perusahaan-perusahaan manufaktur, dan lain-lain.

Bagi mereka yang tertarik pada aspek-aspek ilmiah dan matematika diterapkan disiplin, studi pascasarjana di bidang teknik mesin dapat menyebabkan karir penelitian dan pengajaran.

Sumber:http://hmm-untirta.blogspot.com
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.