News Update :

Diskusi Teknologi Terbatas BKM-PII dan MTM Universitas Pancasila

Pada tanggal 4 Februari 2015, atas inisiatif Bapak Dr Ir Budhi M Suyitno, MS, IPM dan Bapak Ir. Handoko IPM dari Badan kejuruan Mesin PII dan bekerjasama dengan Magister Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pacasila (MTM FT-UP), telah diselenggarakan Focus Group Discussion Terbatas dengan topik diskusi : “PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK DAN BATERAI MASA DEPAN”. Diskusi diselenggarakan di Restoran Paviljoen Kota, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Undangan yang hadir pada penyelenggaraan diskusi tersebut lebih kurang 20 peserta yang terdiri dari / mewakili Institusi Badan Kejuruan Mesin PII (BKM-PII), MTM FT Universitas Pancasila (MTM FT-UP), Badan Kejuruan Kimia PII (BKK-PII), Badan Kejuruan Elektro PII (BKE-PII), BPP Teknologi, Institut Teknologi Bandung (ITB), Calon Investor Swasta, Asosiasi Industri Kecil Menengah (IKM).


MATERI BAHASAN :

Sasaran :

Membantu masyarakat dalam pengadaan sumber daya listrik secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi tepat guna; biaya terjangkau dan menggunakan bahan-bahan yang tersedia atau dibuat di dalam negeri.

Permasalahan yang dihadapi :

* Kebutuhan energi listrik di pedesaan yang semakin meningkat, khususnya untuk mendukung pengembangan IKM.
* Tidak tersedia dan kurangnya sumber energi listrik yang memadai di pelosok / daerah terpencil, dan pedesaan.
* Harga per kwH listrik dari pemerintah yang cenderung semakin mahal karena tergantung pada harga BBM, penyediaan jaringan baru, dan orientasi keuntungan.
* Belum ada teknologi portable generator pembangkit listrik yang effisien, hemat bahan bakar, mudah perawatannya, awet dan ramah lingkungan.

Usulan solusi adalah membahas hasil penelitian dan prospek komersialisasi dari:

* Generator Listrik tanpa bahan bakar.
* Teknologi Baterai Berbasis Thorium.
* Program Riset lanjutan, Rencana produksi dan Rencana Investasi.

Rencana Tindak Lanjut / Action Plan :

* Akan diadakan pertemuan lanjutan membahas detil teknis portable generator dan prosedur pembuatannya, termasuk peran perusahaan Industri Kecil Menengah.
* Akan dirumuskan kerjasama saling menguntungkan dengan pihak Investor yang berminat, dan rencana Anggaran Biaya Riset dalam penyempurnaan prototype portable generator.
        
Demikianlah catatan penyelenggaraan FGD yang merupakan salah satu kegiatan dari PP BKM-PII dalam pengembangan Iptek dan Pengabdian Masyarakat.

Warta BK Mesin – PII.
Redaksi.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.