News Update :

Diskusi Profesi : Proteksi Kebakaran Berbasis Air (SNI 03-1745-2000)

Dalam rangka menyatukan pemahaman tentang penggunaan SNI 03-1745-2000 tentang “Tata Cara Perencanaan dan Pemasangan System Pipa Tegak dan Slang untuk Pencegahan Bahaya Kebakaran pada Bangunan Gedung”, dengan difasilitasi oleh Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) telah diselengarakan  diskusi profesi antar Asosiasi Profesi dan Instasi terkait pada tanggal 8 Juli 2010 di kantor PII, Jakarta yang dihadiri oleh wakil-wakil Asosiasi Profesi antara lain ; BKM-PII, BKE-PII, IAFBI, ASHRAE, MP2KI,  Pus Kim, Dinas P2B DKI, dan Dinas DamKar DKI Jakarta. Diskusi ini dipimpin oleh Sekjen BKM-PII, Ir. Soekartono Soewarno, IPM.

Diskusi ini bertujuan untuk mencari solusi dan kesimpulan dalam rangka kesamaan pemahaman terhadap topik bahasan dan selanjutnya dijadikan pegangan untuk pemakai SNI tersebut dan memberikan rekomendasi kepada instansi terkait dalam tangka penyempurnaan pelaksanaan peraturan-peraturan yang ada terkait dengan penggunaan SNI tersebut. 

Sebagai hasil diskusi yang dapat direkomendasikan ke pihak terkait adalah sbb :
1.       Pada system kombinasi (system slank kebakaran ditambah slang springkler otomatis), pipa tegak untuk melayani springkler otomatis dapat berdiri sendiri (parsial). Apabila berdiri sendiri, maka diperlukan tambahan laju aliran sebesar 150 gpm, unuk tingkat bahaya kebakaran ringan.
2.       Pipa pembagi/cabang springkler pada setiap lantai dapat disambungkan ke pipa tegak slang kebakaran (sebaiknya dihubungkan ke pipa tegak slang kebakaran 2.5 inc), dan bila diperlukan penurunan tekanan dilengkapi dengan katup penurun tekanan (PRV). Untuk system kombinasi senacam ini tidak dipersyaratkan melampaui 3.785 liter/menit (1000 gpm) kecuali bila disyaratkan oleh instansi yang berwenang.

Hasil dari pertemuan tersebut merupakan bentuk dari kesepakatan bersama bagi yang hadir, dan selanjutnya hasil diskusi akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan/terkait dan kepada seluruh pelaku yang menggunakan SNI 03-1745-2000.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.