News Update :

Seminar Pembaruan Pendidikan Tinggi Teknik Mesin

Dalam rangka menyambut 70 tahun Prof. Ir. Filino Harahap, MSc, PhD, dan menyongsong Dies Emas Institut Teknologi Bandung (ITB), Alumni Teknik Mesin ITB 1970, 1971, 1972  menyelenggarakan “Seminar Pembaruan Pendidikan Tinggi Teknik Mesin”, yang diselenggarakan pada  8 November 2008 di Aula Barat ITB, Jl. Ganesha 10 Bandung.

Seminar ini bertujuan memahami cerrent issues, new paradigms and future evolution of  mechanical engineering higher education, dan mendorong mahasiswa mesin menjadi manusia pembelajar seumur hidup melalui pola-pola teaching dan learning yang fleksibel tetapi mendalam, sehingga terealisasi dapat mengaplikasikan knowledge untuk menjawab problema-problema baru dalam konteks baru. Selain itu seminar ini juga bertujuan membuka wawasan berpikir  agar dapat menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang global khususnya dalam bidang teknik mesin.

Pada kesempatan itu diluncurkan sebuah buku yang ditulis oleh Gang Chen, MIT, seorang Profesor Madya dalam Keinsinyuran Mesin di Massachusetts Institute of Technology. Sebelumnya dia juga mengajar di Duke University dan University of California di Los Anggeles. Penelitian dan berbagai publikasinya adalam dalam berbagai bidang konversi energi dan perpindahan panas mikro dan nanoskala, dengan berbagai aplikasi pada manajemen termal mikroelektronika dan mikrophotanika, konversi energi termoelektrika dan termophotovoltaika, serta berbagai mikro-dan nanosistem. Dia juga menjabat dalam berbagai dewan editorial untuk Annual Review of Heat Transfer, ASME Journal of Heat Transfer, dan lain sebagainya.

Buku yang diluncurkan tersebut berjudul ; “Transpor dan Konversi Energi Nanoskala”, yang telah dialihbahasakan oleh Prof. Ir. Filino Harahap, MSc, PhD, adalah mantan Profesor Keinsinyuran Termal di Departemen Teknik Msin ITB. Beliau aktif mempublikasikan hasil penelitian bersama mahasiswanya dalam bidang perpindahan panas secara internasional. Selain dikenal sebagai pengarang melalui publikasi, beliau kerap diminta menjadi referee untuk menilai dan memberi rekomendasi atas berbagai manuskrip yang diajukan untuk dipublikasikan  dalam jurnal Hear and Mass Transfer (Springer-Verlag) dan Internasional Journal of Heat and Mass Transfer (Elsevier Science).

Pemateri yang tampil pada seminar tersebut adalah ; sebagai Keynote Dirjen DIKTI, Fasli Jajal, PhD. Pemateri pada Sessi pertama yang akan tampil adalah Dr. Ir. Andi Isra Mahyudin, Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, ITB (Program Studi Teknik Mesin ITB, Menjawab Tantangan Mada Depan)., Prof. Amer Noordin Darus et al., Malaysia (New Paradigms in Mechanical Engineering Higher Education in Malaysia).

Di Sessi ke II dan ke III diantaranya tampil ; Gang Chen, MIT (Nanotechnology and Mechanical Engineering)., Dr. Ratno Nuryadi, BPPT (Relevansi Nanoteknologi dalam Pendidikan Tinggi khususnya Teknik Mesin)., dan Prof. Dr. Ir. Trasna P. Soemardi, IPM., UI (Peran Jangka Panjang Nanoteknologi dan Sistem Biolik dalam Pendidikan dan Riset Teknik Mesin)., dan Prof. Dr. Ir. Sri Harjoko Wirjomartono, IPU (Perkembangan Proses Manufaktur dan Pemutakhiran Kurikulum).


Sumber : Panitia Penyelenggara, Gedung BPPT II Lt 13. Telp. 021-3169441 Fax. 021-31924127
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.