News Update :

Kunjungan BKM-PII ke ”Overhaul” Pabrik Pupuk Kujang

Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan manajemen pemeliharaan di bidang industri skala besar, BKM-PII mengadakan kunjungan ke Pabrik PT Pupuk Kujang, Cikampek, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk  melihat dari dekat proses perbaikan (maintenance) tahunan  (overhaul), yang dilaksanakan pada tangal 5 Agustus 2009.

Ikut serta dalam kunjungan tersebut ;  Ir. Prihadi Waluyo, MT,  Ir. Hari Yuwono, Ir. Kurdiat Amaldi (BKM), dari anggota Forum Anggota Muda -PII (FAM-PII) sekitar 25 peserta dan empat peserta dari BPP Teknologi. Bertindak sebagai pimpinan rombongan adalah Ir. Prihadi Waluyo, MT.

Sampai di plant area PT Pupuk Kujang, rombongan BKM disambut dan dipandu oleh beberapa staf PT Pupuk Kujang antara lain ; Ir. Budiarto, MM (mewakili direktur produksi PT. Pupuk Kujang), sekaligus merangkap sebagai koordinator/penanggung jawab pelaksanaan over haul.., Ir. Moch. Iqbal DA, MT (Kepala Workshop/Industri Peralatan Pabrik PT. Pupuk Kujang)., Ir. Zulkarnain TjeMat (Direktur Utama PT. Sintas Kurama Perdana), salah satu anak perusahaan PT. Pupuk Kujang., dan beberapa engineer di bidang produksi.


Hasil Kunjungan :


Ir. Budiarto atas nama Direktur Produksi PT Pupuk Kujang menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan, dilanjutkan presentasi singkat perusahaan dan penyampaian tata cara keselamatan di pabrik.

Kepala Rombongan, Ir. Prihadi Waluyo,MM, menyatakan ucapan terima kasih atas penerimaan yang baik dari jajaran pimpinan PT Pupuk Kujang, dan memperkenalkan kelompok anggota rombongan  yang berjumlah 35 orang, serta menyampaikan informasi  rencana workshop BKM PII tentang Turn Around Management bidang industri pada bulan November 2009 dan program SRF (Slow Release Fertilizer) BPPT. 


Diakhir kunjungan Pengurus  FAM-PII menyampaikan Plakat sebagai tanda terimakasih kepada direksi PT Pupuk Kujang. Selain kunjungan BKM, acara ini juga merupakan bagian dari Kursus Pembinaan Profesi Forum Anggota Muda – PII, dimana salah satu acara kursus tersebut adalah site visit ke industri. 


Dari hasil kunjungan tersebut sebagaimana diketahui bahwa Pupuk Kujang, Plant IA saat ini memproduksi sebesar 400.100 ton/tahun untuk urea sesuai mutu SNI No.02-2801-1998 dan ammonia sebesar 253.200 ton sesuai mutu SNI No. 06-0045-1987. Dalam proses desain dan operasi pada pabrik Pupuk Kujang IA, pemerintah melalui tender menunjuk :


a.       Kellog Overseas Corporation dari Amerika Serikat dengan tugas – tugas engineering, desain procurement dan start up dari pabrik ammonia dan utilitas, kontruksi dan koordinasi dari pabrik urea.

b.      Toyo Engineering Corporation dari Jepang dengan tugas – tugas engineering, procurement dan pengawasan kontruksi dari pabrik urea.


Sedangkan Plant IB yang merupakan pabrik yang masih relative baru peroperasi pada  bulan mei 2010 direncanakan over haul pertama. Kujang 1B saat ini dapat memproduksi urea sebesar 529.400 ton dan ammonia sebesar 327.100 ton.  Pembangunan Pabrik Kujang IB ditangani oleh Kontraktor Utama Toyo Engineering Corporation ( TEC ) Jepang dan Sub Kontraktor dalam negeri yaitu PT . Rekayasa Industri sebagai detail engineering construction dan PT . Inti Persada Teknik ( IKPT ) sebagai engineering construction untuk unit service.


Secara keseluruhan PT. PUPUK KUJANG terdiri dari empat unit produksi yang saling berkaitan satu sama lain, keempat unit produksi tersebut adalah :


1.       Utility Plant

2.       Ammonia Plant

3.       Urea Plant

4.       Pengantongan Plant


Kesimpulan:



PT Pupuk Kujang merupakan pabrik pupuk urea yang telah memodernisasi plant-nya (IB) dengan proses yang lebih efisien dibanding plant yang lama (IA), untuk bisa memenuhi kebutuhan pupuk secara nasional, dengan kapasitas.urea sebesar 529.400 ton dan ammonia sebesar 327.100 ton.




Saran:



-         Perlu dipersiapkan lebih dini bila diinginkan adanya Program kunjungan PII tahun 2010 untuk melihat overhaul plant IB PT Pupuk Kujang (yang pertama kali sebagai plant baru ekspansi, overhaul diperkirakan pada bulan Mei 2010)


-         Diadakan tindak lanjut kunjungan untuk kemungkinan kerjasama BPPT/PII dengan PT Pupuk Kujang tentang rencana pembangunan pabrik pupuk terintegrasi antara organik, kimia, dan biofertilizer dengan pengembangan SFR.

(yesso/prihadi)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Badan Kejuruan Mesin 1976 -2016 | Design by Dewa Yuniardi | Published by Borneo Templates | Powered by Persatuan Insinyur Indonesia.